Previous
Next

Pagi yang cerah, semangat yang terjaga. Dengan pakaian takwa putih nan bersih, siswa/siswi pada jenjang pendidikan yang ada di lingkungan YPI Al-Fattah Kota Batu, mulai dari jenjang KB-TK dan SD, berbondong-bondong menenuhi halaman sekolah, guna mengikuti praktik Manasik Haji yang diselengarakan pada tanggal 19 dan 21 Juli tersebut (Kampung Ladu, 21/07/2022).

Kegiatan yang rutin diselenggrakan tiap tahunnya ini, bertujuan untuk menambah wawasan, serta gambaran anak didik, dalam memahami tata cara pelaksanaan Ibadah Haji, yang merupakan salah satu rukun di dalam islam. Selain itu juga, dengan adanya kegiatan tersebut, anak didik diharapkan, bertambah kecintaannya pada ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt.

Previous
Next

Kagiatan yang dimulai pukul 07.30 WIB ini, dibuka dengan arahan oleh Ustadz/Ustadzah, tentang rukun-rukun Haji, serta alur pelaksanaannya, yang dimulai dari kedatangan awal di Madinah untuk menetap selama delapan hari agar melakukan shalat arbain (40 waktu) di Masjid Nabawi, sampai pada akhir Ibadah Haji, yaitu thawaf wada (thawaf perpisahan) di Masjidil Haram, Mekkah pada 12 Dzulhijjah.

Begitu juga dengan lingkungan yang sudah di-setting sedemikian rupa, sebagaimana lokasi pelaksanaan haji. Dengan harapan besar, anak didik mempunyai gambaran riil terhadap lokasi pelaksanaan ibadah haji.

Previous
Next

Acara Manasik Haji yang diselenggrakan diawal tahun ajaran ini, turut dihadiri oleh Kepala KB, TK, SD Integral Al-Fattah dan Direktur Yaa Bunayya, Kota Batu. Juga hadir Sekertaris YPI Al-Fattah Kota Batu, al Ustadz. Wawan Wahidin Abdul Hamid, S.Sos.I., yang melantunkan kalimat talbiyah mengiringi berjalannya acara thawaf.

Semoga setiap kegiatan yang ada di YPI Al-Fattah, menjadikan anak didik, menjadi generasi Qur’ani, Penyejuk Hati.*

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *